Thursday, April 29, 2010

Download Video Youtube Dengan Opera Mini dan Mozilla Firefox

Beberapa waktu yang lalu, aku sudah pernah posting artikel mengenai cara download video YouTube tanpa software dengan beberapa link untuk mengunduhnya. Namun beberapa bulan ini link-link tersebut selalu saja eror dan ada perintah untuk menginstall java. Aku memang tidak terlalu tau banyak tentang pemrograman. Dalam hal ini aku tidak tau penyebabnya, entah software laptopku yang eror atau dari YouTube nya yang eror (mohon sharing disini kalo tau penyebabnya).


“Using Java now - click "run" / "accept" / "trust" in the security dialog for this to work correctly.
For more help, see our help page or look at our step-by-step tutorial”
Atau
“To download video using Savevid Java applet you need Java to be installed. Click to install Java. Reload this page after installation.”


Setelah java aku download dan kuikuti semua perintah yang ada, ternyata tetap saja aku tidak bisa download videonya. Jengkel banget rasanya, padahal aku sudah terlalu kebergantungan banget dengan youtube. Yah walaupun aku tau, situs-situs sharing video selain Youtube banyak banget, tapi rasanya kurang lengkap saja. Akhirnya setelah browsing, ternyata ada cara lain untuk download video di Youtube. Ternyata cukup dengan browsernya saja yaitu melalui cachenya. Berikut aku berikan rincian langkah-langkah download video melalui operamini dan mozilla firefox.


1. Putar video yang ingin kamu download hingga selesai (ingat hingga selesai!!)




2. Setelah itu cari lokasi cachenya, masing-masing browser memiliki cara yang berbeda
Operamini
a. Buka halaman baru dan ketik: opera:config#UserPrefs|CacheDirectory4
b. Ketik url pada bagian Cache Directory4 . Ini lokasi cache di laptopku:
C:\Users\user\AppData\Local\Opera\Opera\profile\cache4\







Mozilla Firefox
a. Buka halaman baru ketik : about:cache?media=disk
b. Pada bagian Offline cache device, klik List Cache Entries
c. Copy Cache Directory, ini lokasi cache di laptopku:
C:\Users\user\AppData\Local\Mozilla\Firefox\Profiles\hq12ep2z.default\OfflineCache
d. Klik Up to higher level directory kemudian klik CACHE



3. Setelah lokasi cachenya ketemu, cari file yang telah didownload, kemudian save pada folder yang kalian pilih. Adapun trik untuk menemukan file yang kita tuju cukup meilhat tanggal dan jam kita selesai download. Apabila video yang kita download cukup panjang dapat dengan mudah ditemukan karena filenya yang cukup besar. Untuk operamini biasanya letak filenya urut sesuai waktunya, namun untuk mozilla biasanya agak berantakan.
Operamini



4. Klik file yang dipilih dan jangan lupa mengganti file menjadi flv dengan mengetik: .flv dibelakangnya.
Operamini


Mozilla Firefox





5. Akhirnya videonya berhasil di unduh dyehhh.

Kelihatannya memang ribet, namun itu hanya pada awalnya saja. Jika kamu sudah tau lokasi cachenya, itu akan secara otomatis tersimpan di history address bar kamu atau simpan saja di bookmark. Kamu tinggal langsung klik alamat cachenya :
Untuk opera:

C:\Users\user\AppData\Local\Opera\Opera\profile\cache4\
Untuk Mozilla:
C:\Users\user\AppData\Local\Mozilla\Firefox\Profiles\hq12ep2z.default\OfflineCache

Setelah aku coba memakai kedua browser tersebut, menurut pendapatku lebih enak pakai operamini, karena selain lokasi filenya yang urut juga karena file itu pasti tersimpan. Sedangkan untuk mozilla firefox, pernah beberapa kali setelah video aku play hingga selesai, ternyata setelah aku cari di lokasi cache ternyata tidak tersimpan, padahal aku sudah menunggu cukup lama memutar video tersebut. Jadi untuk tidak mengambil resiko aku selalu pakai operamini. Dan aku ingatkan sekali lagi, sebelum video selesai diputar jangan sekali-kali membuka lokasi cachenya.
Okey, semoga bermanfaat yaaaaaaaaaaaaaaaaa ^_^

No comments:

Post a Comment